Beranda » Ilmu Perpustakaan » “Perpustakaan itu jalan sepi, berliku, dan mendaki”, Wawancara dengan Blasius Sudarsono, MLS (Pustakawan Utama di PDII-LIPI)

“Perpustakaan itu jalan sepi, berliku, dan mendaki”, Wawancara dengan Blasius Sudarsono, MLS (Pustakawan Utama di PDII-LIPI)

Blasius Sudarsono, MLS (Foto diambil oleh Hendriyanto)

Blasius Sudarsono bukanlah sosok yang asing di telinga para pustakawan Indonesia, kiprahnya dalam dunia perpustakaan sudah tidak diragukan lagi, pak Dar panggilan akrab beliau, di sela-sela kunjungannya ke Perpustakaan Bung Karno Blitar menyempatkan diri untuk berbagi pengalaman dan memberikan pandangannya kedepan terkait kemajuan Perpustakaan Proklamator Bung Karno seperti yang dikisahkan kepada Drs. Hartono, SS., M.Hum., dan Hendriyanto, SIP., adapun petikan wawancaranya sebagai berikut :

Motivasi anda berprofesi sebagai pustakawan?

Kebetulan saya ini ingin belajar, dan kebetulan yang menerima saya itu lembaga ilmu pengetahuan, itu kan organisasi elite di Indonesia dan tugasnya kan belajar, kalau dulu saya itu ingin jadi fisikawan, dengan saya di lembaga itu saya akan tahu lebih dahulu, terus saya menjadi pustakawan ditempat itu, tapi saya boleh mengatakan bahwa perpustakaan itu bukan ilmu tetapi adalah art atau seni. Waktu itu kan saya harus menyiapkan computer untuk perpustakaan dan itu the first di Indonesia, itulah ada kebanggaan, saya bangga karena orang-orang kan taunya saya di lembaga Ilmu Pengetahuan, terus juga merencanakan untuk studi ke luar negeri, terus memulai computer pertama di bidang perpustakaan, sehingga ada kebanggan, tetapi saya juga mengkritisi tentang perpustakaan, saya pada waktu itu tidak percaya perpustakaan itu suatu ilmu, dan sewaktu saya harus mengambil magister di luar negeri, saya memilih sekolah yang tidak menyebut dirinya ilmu perpustakaan jadi saya tidak memilih library science tapi saya memilih library studies jadi studi perpustakaan, makanya lebih banyak membahas masalah-masalah computer dan sebagainya.

Pada waktu itu sejauh mana tuntutan teknologi informasi terhadap perpustakaan?

Masih banyak yang menolak, mereka bilang computer itu gak perlu untuk perpustakaan atau belum perlu, waktu itu kami, PDIN sebagai lokomotif teknologi informasi di perpustakaan, dan brain PDIN adalah International Brand, tetapi ya itu, perpustakaan itu “jalan sepi, berliku dan mendaki”.

Tentang Jaringan Informasi Perpustakaan?

Itu yang merintis Ibu Winarti Partaningrat beliau direktur pertama PDIN (Pusat Dokumentasi Ilmiah Nasional), dan Jaringan Informasi itu terjadi tahun 1971, dan sepakat dengan adanya empat jaringan, jadi disamping Perpustakaan Nasional itu ada empat pusat nasional yang dikoordinasikan oleh Perpustakaan Nasional, tetapi jaringan itu kemudian tidak berbekas.

Bagaimana anda melihat Perpustakaan Proklamator Bung Karno?

Perpustakaan Proklamator Bung Karno ide awalnya kan perpustakaan khusus, tentang Bung Karno dan ajaran-ajarannya, tetapi jika sekarang Perpustakaan Proklamator Bung Karno menginginkan sebagai perpustakaan penelitian ya memang benar juga, dan harusnya konsep itulah yang segera dipikirkan karena perpustakaan penelitian itu bisa ada di perpustakaan khusus, perpustakaan umum dan di perpustakaan perguruang tinggi, dan Perpustakaan Proklamator Bung Karno saya yakin mampu.

Untuk memadai Intelektual Masayarakat, apa memungkinkan dibentuk pusat studi, pusat kajian tentang Bung Karno di Perpustakaan Proklamator Bung Karno?

Yang sekarang penting untuk dipersiapkan adalah manusianya terlebih dahulu, manusianya ini mau gak jadi peneliti, mau gak menekuni pekerjaan-pekerjaan di perpustakaan yang saya bilang tadi sepi, berliku dan mendaki, dan penuh dengan pencarian dan penantian, rintangan dan harapan. Dalam perang itu, tidak harus setiap pertempuran itu menang, tetapi pertempuran terakhir harus menang, kan yang penting menang perang bukan menang pertempuran. Nah, kembali lagi pada manusianya, manusianya itu cerdas atau tidak, nah marilah kita belajar.

Segi Infrastruktur atau fasilitas informasi yang harus disiapkan dalam rangka membangun sebuah pusat kajian atau pusat studi tentang Bung Karno di Perpustakaan Proklamator Bung Karno?

Informasi itu ada dimana-mana, anda akses internet saja banyak, proquest dan e-journal yang lain itu kan juga belum dimaksimalkan di Perpustakaan Proklamator Bung Karno, nah itu bisa dimaksimalkan.

Terkait dengan “Riset Library” di Perpustakaan Proklamator Bung Karno?

Karakter riset library ini yang harus kita cari, yang tua-tua ini kan hanya membimbing, anak-anak mudalah yang menemukan, karena kedepan itu adalah keputusan kamu anak muda, seperti di dalam buku yang pernah saya tulis, beri kebebasan pemuda berpikir, dan beri kebebasan mereka menentukan pendapat untuk masa depan, termasuk merancang masa depan.

Dari segi SDM di Perpustakaan Proklamator Bung Karno untuk mempersiapkan Riset Library?

Kalau sekarang ini lebih baik meng-identifikasi yang ada untuk diberi tugas, jangan dulu merekrut baru yang belum punya rasa terhadap lembaga, jadi menata itu dari bawah, dan kalau orang baru langsung direkrut untuk tugas itu bisa ditolak oleh pegawai yang lama.

========

Profil singkat

Nama                    : Blasius Sudarsono, MLS.

Lahir                     : Solo, 02 Februari 1948

Pendidikan         :

– Sarjana Muda Fisika (B.Sc.), FIPA – UGM, Yogyakarta, 1973

– Master of Library Studies (MLS), University of Hawaii, Honolulu, USA, 1979

Pengalaman Kerja

1970 – 1973 Asisten Laboratorium Fisika Dasar UGM.

1973 – 1976 Staf Urusan Servis Teknis PDIN

1976 – 1977 Kepala Urusan Servis Pembaca PDIN

1978 – 1979 Menyelesaikan MLS di Unversity of Hawaii, Honolulu, USA

1979 – 1980 Kepala Urusan Servis Teknis PDIN

1980 – 1987 Kepala Pusat Perpustakaan PDIN

1987 – 1990 Kepala Bidang Sarana Teknis PDII-LIPI

1990 – 2001 Kepala PDII-LIPI

2001 – 2005 Pustakawan Madya PDII-LIPI

2005 – sekarang Pustakawan Utama PDII-LIPI

1980 – sekarang Pengajar tidak tetap pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

2002 – sekarang Pengajar tidak tetap pada Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pajajaran.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: